🤔❓#1

Apa itu Hipnosis? Apakah sama dengan Hipnotis?

“Hipnosis asalnya dari bahasa Inggris yaitu Hypnosis, namun di Indonesia dikenal dengan Hipnosis saja. Walaupun dalam bahasa aslinya Hipnotis (Hypnotist) berarti orang yang melakukan Hipnosis, namun di Indonesia kedua istilah itu dianggap sama.

Hipnosis sendiri merupakan sebuah keadaan dimana seseorang bisa mengakses pikiran bawah sadarnya sehingga terbuka dalam menerima sugesti.”

🤔❓#2

Apakah Hipnosis dan Hipnoterapi sama?

“Hipnoterapi adalah terapi mental atau psikis yang menggunakan metode Hipnosis dalam pelaksanaannya.

Jadi Hipnoterapi menggunakan Hipnosis, sedangkan Hipnosis belum tentu Hipnoterapi.”

🤔❓#3

Apakah Hipnoterapi aman & efektif?

“Hipnoterapi sangat aman dan efektif.
Hipnoterapi samasekali tidak menggunakan obat, jadi tidak ada resiko overdosis atau efek samping seperti obat-obatan.
Keraguan kebanyakan orang pada Hipnoterapi adalah dari kesalahpahaman banwa seseorang bisa kehilangan kendali atas dirinya sendiri saat dihipnosis sehingga melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, padahal tidak seorangpun bisa dihipnosis tanpa persetujuan orang yang akan dihipnosis.

Untuk efektifitasnya, berdasarkan study perbandingan yang dilakukan oleh American Health Magazine  terhadap berbagai metode terapi psikis, menyebutkan  bahwa waktu yang dibutuhkan untuk kesembuhan dengan Hipoterapi adalah 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan terapi psikoanalisis lainnya, dan mencapai  rasio 93% kesembuhan.”

  🤔❓#4

Apa itu Ansietas/Anxiety Disorder?

“Ansietas atau Anxiety Disorder adalah gangguan kesehatan mental atau psikis yang menyebabkan seseorang mengalami gejala-gejala kecemasan berlebihan, seperti perasaan terancam dan ketakutan secara mendadak dan tanpa sebab yang tidak masuk akal.

Gejala ini biasanya ditandai dengan, Perasaan cemas dan tegang, Jantung berdebar, Sesak nafas, Rasa seperti tercekik, Gugup dan kesulitan bicara, Pusing atau oleng, dan sakit kepala, Gemetar dan kehilangan kontrol diri, Sulit fokus, Rasa seperti ingin kabur atau lari, Asam lambung naik atau mual, Berkeringat banyak dan kelelahan, Tidak bisa tidur dengan kegelisahan, Berpikiran negatif terhadap semua hal dan semua situasi, Perasaan seolah akan segera menghadapi kematian.

Tak jarang penderita Anxietas yang sedang kambuh dilarikan ke IGD dan lalu tidak mendapati diagnosa penyakit fisik yang berarti.

Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di artikel kami tentang Anxietas.”

 

🤔❓ #5

Apakah Hipnoterapi seperti acara hiburan di TV?

“Sangat berbeda.”

“Dalam ilmu Hipnosis sendiri terdapat banyak jenis Hipnosis, seperti Hipnosis Panggung, Hipnosis Anestesi, Hipnoparenting, Self Hypnosis (Hipnosis Diri Sendiri) dan Hipnoterapi.

Hipnosis yang biasa disaksikan di acara hiburan di TV adalah termasuh Hipnosis Panggung (Stage Hypnosis/Street Hypnosis).

Yaitu Hipnosis yang khusus digunakan untuk acara hiburan semata.

Palaku Hipnosis tentu merupakan orang yang dibekali ilmu yang cukup tentang Hipnosis, dan orang-orang yang dihipnosis adalah satu diantara dua (atau keduanya) yang berikut ini:

1. Sudah melakukan kesepakatan sebelumnya.

Bisa jadi aksi terhipnosisnya adalah akting semata, atau benar-benar masuk kondisi Hipnosis karena yang bersangkutan sepakat untuk menurut semua instruksi sang Pelaku Hipnosis.

2. Penonton atau masyarakat acak yang terlebih dahulu sudah diberlakukan Uji Kepekaan Sugesti secara massal tetapi terselubung oleh Pelaku Hipnosis dan merupakan orang yang teridentifikasi sangat mudah untuk dihipnosis.

Semua itu dilakukan dalam jangka waktu sementara dan untuk kepentingan Hiburan semata.

Sedangkan dalam Hipnoterapi, Hipnoterapis dan Klien melakukan kegiatan Hipnosis untuk kepentingan penyembuhan gangguan mental atau psikis, juga bisa untuk kepentingan pemberdayaan diri Klien.

Seorang Hipnoterapis bisa melakukan Hipnosis Panggung, tetapi tidak sebaliknya.”

🤔❓ #6

Apakah saat dihipnosis Klien menjadi tidak sadar dan hilang kendali diri?

“Samasekali tidak.”

“Justru saat dalam kondisi Hipnosis, Klien sangat sadar dan sangat fokus, tetapi dalam kondisi trance.

Jika sugesti yang diberikan bertentangan dengan kepentingan Klien, atau tiba-tiba situasi menjadi darurat atau bahaya, maka Klien bisa keluar dari kondisi Hipnosis sewaktu-waktu dan tanpa prosedur apapun.”

 🤔❓#7

Apakah Hipnosis atau Hipnoterapi ada hubungannya dengan kejahatan dengan Hipnotis seperti yang sering diberitakan?

“Beberapa kali berbagai media menyebutkan berita terjadinya kejahatan dengan Hipnotis. Kami bisa mengatakan bahwa hal tersebut termasuk penyalahgunaan istilah Hipnotis atau Hipnosis di masyarakat.

Apa yang terjadi sebenarnya adalah kejadian penipuan yang melibatkan kemampuan sang penipu dalam mengecoh dan memanfaatkan kelengahan korban secara cepat dan masif.

Dalam hal ini polanya adalah mengiming-imingi korban dengan sesuatu yang sangat menggiurkan korban dan bertindak cepat dalam memanfaatkan korban sebelum ia sempat berpikir panjang dan melakukan penolakan.

Pola lainnya adalah memberikan informasi tentang buruknya keselamatan orang dekat korban dan memanfaatkan kepanikan korban secara cepat sehingga korban tidak sempat berpikir panjang, mengecek kebenarannya dengan baik, dan menolak anjuran masif sang penipu.

Sedangkan dalam kegiatan Hipnotis/Hipnosis apabila seseorang yang dihipnosis tidak mau maka ia tidak akan bisa dihipnosis.

Jadi kejahatan-kejahatan yang disebutkan tersebut samasekali bukan kegiatan Hipnotis/Hipnosis, tetapi murni merupakan tindakan penipuan dan pemanipulasian orang lain dengan cara cepat.”

🤔❓#8

Bagaimana cara kerja hipnoterapi?

“Cara kerja Hipnoterapi adalah membantu Klien untuk rileks dan dengan metode tertentu Klien bisa mengakses kesembuhan dan pemberdayaan diri dari bawah sadarnya.”

 

 🤔❓ #9

Bagaimana dengan privasi kerahasiaan identitas Klien?

“Kami sangat menghargai privasi dan identitas Klien-klien kami. Kami tidak akan pernah menampilkan identitas Klien kami untuk testimoni maupun promo apapun.”

 

🤔❓ #10

Apakah Hipnosis dan Hipnoterapi ada hubungannya dengan kekuatan supranatural atau kekuatan magis?

“Samasekali tidak.”

“Ilmu Hipnosis adalah ilmiah, dan merupakan ilmu tentang seluk beluk pikiran dan pemanfaatannya untuk kebaikan.

Sebenarnya keadaan Hipnosis adalah keadaan yang sering dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sesaat ketika bangun tidur dan menjelang tertidur, saat sedang melamunkan masa lalu atau masa depan, saat asyik bermain atau sedang fokus pada satu pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Hipnosis formal didasarkan pada prinsip-prinsip keadaan tersebut dan menerapkannya untuk kepentingan yang ditentukan.”

 

 🤔❓ #11

Apakah semua orang bisa dihipnotis?

“Semua orang bisa dihipnotis apabila yang bersangkutan mau.”

 

🤔❓ #12

Apakah orang bisa terperangkap dalam kondisi Hipnosis dan tidak bisa keluar dari kondisi tersebut?

“Tidak.”

“Jika seseorang sedang berada dalam kondisi Hipnosis lalu ada sesuatu yang mengusik pikirannya maka ia bisa keluar dari kondisi tersebut sewaktu-waktu dan tanpa prosedur apapun

Juga apabila tiba-tiba terjadi situasi darurat atau bahaya maka ia secara otomatis akan keluar dari kondisi Hipnosisnya.”

🤔❓ #13

Dalam sesi Hipnoterapi di sini apakah boleh ditemani?

“Sebenarnya kegiatan Hipnoterapi bersifat privasi, namun apabila Klien merasa lebih nyaman ditemani maka pastikan orang yang menemani haruslah orang yang sangat bisa dipercaya oleh Klien atau orang dekat Klien serta sangat mendukung kepentingan Klien untuk sembuh.

Karena kemungkinan akan ada hal-hal yang bersifat rahasia yang akan disampaikan.”

Untuk sesi yang berlangsung Online, klien disarankan menyiapkan ruangan sendiri yang tenang, jauh dari kebisingan dan gangguan serta nyaman, agar sesi berlangsung dengan maksimal, kondusif dan efektif.”

🤔❓#14

Apakah Hipnoterapi bisa membuat Klien mengakui sesuatu yang tidak ingin diakuinya?

“Tidak.”

“Beberapa kali Hipnoterapis kami mendapatkan permintaan untuk melakukan Hipnosis kepada orang dekat atau anggota keluarga, atau teman, agar mengakui perbuatan yang diasumsikan oleh orang yang meminta tersebut.

Juga ada yang meminta agar orang dekatnya dibuat berterus terang atas sesuatu yang tidak mau atau tidak pernah diungkapkannya.

Perlu diperhatikan bahwa Hipnoterapis kami tidak bersedia melakukan hal-hal tersebut di atas.

Hipnoterapis kami memberlakukan prinsip “Client Oriented” atau berfokus pada kepentingan dan kesembuhan klien saja.

Jadi tidak menerima pesanan sugesti atau permintaan terapi dari orang lain, apalagi bertentangan dengan kepentingan dan kemauan klien sendiri.”

 

  🤔❓#15

Bisa dipastikan dengan Hipnoterapi ini sembuh?

“Sebenarnya yang memastikan kesembuhan Klien adalah Klien sendiri.

Apabila Klien percaya bisa sembuh dan mengikuti yang disarankan oleh Hipnoterapis maka semakin besar kepastian kesembuhannya.

Dalam Hipnoterapi peran Hipnoterapis hanyalah sebagi pemandu atau guide saja. Klien menentukan tujuannya dengan jelas lalu Hipnoterapis memandu dan mengarahkan Klien. Selanjutnya keputusan Klien sendiri untuk melakukannya atau tidak.

Ada juga beberapa kasus dimana Klien secara tidak sadar menikmati keuntungan dari keadaan mental dan psikisnya, bila hal ini terjadi, maka apabila Klien tidak segera menyadari dan menyelaraskan kemauannya, bisa dipastikan ia tidak akan sembuh.”

 

  🤔❓#16

Apakah satu sesi bisa langsung sembuh?

“Jika gangguan yang diderita Klien masih ringan kemungkinan bisa.

Namun jika sudah lebih parah, apalagi sudah menggunakan obat antidepresan/penenang dalam jangka lama maka harus dilakukan beberapa kali.”

  🤔❓#17

Berapakah lama satu sesi berlangsung?

“Satu sesi berlangsung minimal 1 jam, tergantung keadaan Klien dan penanganannya”

 

🤔❓ #18

Apakah yang diperlukan agar Klien memiliki tingkat kesembuhan besar atau bahkan pasti?

“Agar tingkat kesembuhan seorang Klien besar maka disarankan untuk menerapkan sikap berikut :

1. Klien percaya bahwa dirinya bisa sembuh serta berkemauan untuk sembuh

2. Klien mau dihipnoterapi

3. Klien percaya pada Hipnoterapisnya dan mau bekerjasama dengan Hipnoterapisnya

4. Klien tidak menganalisa metode atau cara kerja Hipnoterapisnya.

Bila klien melakukan hal tersebut ia tidak akan bisa masuk ke dalam kondisi Hipnosis, akibatnya terapi yang dilakukan tidak akan berhasil

5. Klien tidak datang dengan niat yang tulus, tetapi untuk mempelajari, menguji, atau bahkan mengalahkan Hipnoterapisnya.

Ada orang yang karena telah banyak melakukan terapi, ia malah menjadi bangga karena tidak ada yang bisa menyembuhkannya, lalu datang hendak mengetahui cara apa lagi yang akan digunakan terapis berikutnya dan menunjukkan keunggulannya dengan dian-diam tidak mengijinkan terapisnya menyembuhkannya.

Bila Hipnoterapis kami mengidentifikasi niat klien seperti ini maka Hipnoterapis kami akan menghormati niat Klien dengan langsung menghentikan Hipnoterapi dan mempersilahkan Klien untuk terapi di tempat lain saja.

🤔❓#19

Apakah akan diberikan obat, suplemen, atau ramuan tertentu?

“Samasekali Tidak.”

 

  🤔❓#20

Apakah yang terjadi bila Klien yang harus menjalani lebih dari satu sesi tidak melanjutkan sesi atau tidak komitmen?

“Apabila hal ini terjadi maka keadaan Klien bisa menjadi semakin bermasalah dan secara mental dan psikis akan semakin resisten dengan upaya penyembuhan lainnya.”